Minggu, 14 Agustus 2011

Program SKPD Harus Sinergi dengan Hasil Musrenbang

Riesman T. Pokay

PARIGI- Program atau rancangan kerja yang disusun setiap Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) harus disinergikan dengan hasil Musrenbang tingkat kecamatan sebagai tahap lanjutan rangkaian penyusunan rencana kerja pemerintah daerah tahun berikutnya.
Hal itu ditegaskan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan (Bappeda) Kabupaten Parigi Moutong (Parimo), Riesman T. Pokay, ketika mewakili Bupati pada saat membuka secara resmi Workhsop Sosialisasi PLA Kecamatan Mepanga dan Tomini, di auditorium kantor Bupati, Rabu (9/3).
Menurut Riesman, Pemerintah daerah (Pemda) sering menuai sorotan masyarakat karena usulan yang disampaikan melalui Musrenbang tidak ditindaklanjuti oleh SKPD.
“Musrenbang dianggap sia-sia oleh masyarakat karena usulan mereka tidak diakomodir oleh Pemda. Makanya, saya mengingatkan kepada rekan-rekan SKPD untuk mensinergikan atau mengintegrasikan usulan dalam Musrenbang itu ke programnya,” kata Riesman mengingatkan.
Riesman berharap, kedepan setiap SKPD sudah mengintegrasikan usulan prioritas setiap desa dalam Musrenbang ke dalam programanya masing-masing.
Ia juga mengingatkan agar SKPD tidak melaksanakan program secara parsial, tapi harus secara holistik.
“Agar masyarakat secara keseluruhan dapat merasakan manfaat dari program yang dilaksanakan oleh pemerintah,” ujarnya.
Atas nama Bupati, ia mengingatkan setiap SKPD agar melaksanakan program pembangunan secara nyata.
“Jangan seperti kemarin, ada program pembangunan khususnya yang diswakelolakan, tapi realisasinya tidak ada alias fiktif,” kata mantan Sekretaris DPRD Parimo ini. (wan)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar