Minggu, 14 Agustus 2011

Pansus III Selesai Tinjau Desa Pemekaran

PARIGI- Panitia Khusus (Pansus) III DPRD Kabupaten Parigi Moutong (Parimo), akhirnya selesai meninjau sejumlah desa yang akan dimekarkan. Terakhir, Pansus III meninjau calon Desa Gangga yang merupakan pemekaran dari Desa Lemusa, Kecamatan Parigi Selatan, Rabu (16/3) lalu.
Ketua Pansus III, Salmin G. Lodji, kepada Radar Parimo, mengatakan, secara umum, dari 27 desa yang akan dibentuk, diantaranya sudah ada yang memenuhi syarat dan ada juga yang belum. Jika dipresentasikan, rata-rata sudah 80 persen yang memenuhi syarat.
“Tapi ada juga yang sudah memenuhi syarat hingga 90 persen bahkan ada yang 100 persen. Masing-masing calon desa memiliki kekurangan dan kelebihan,” kata Salmin.
Pansus kata Salmin, memberikan apresiasi kepada beberapa calon desa yang sudah memiliki lokasi kantor desa. Misalnya, calon desa Lado, Kotaraya Barat, Ongka Trimuspasari dan Gangga.
“Bahkan calon desa Gangga sudah menyiapkan kebun desa yang dapat meningkatkan PAD desa. Kebunnya kebun kelapa,” sebutnya.
Namun menurut Salmin, dominan calon desa menghadapi masalah hibah tanah untuk lokasi pembangunan kantor desa.
“Masalahnya adalah masyarakat menyerahkan sertifikat tanah hibah kepada panitia. Seharusnya sertifikat tanah hibah itu diserahkan kepada bupati,” ujarnya.
Masalah lain sebut Salmin, yaitu tentang tapal batas. Misalnya calon desa Lembagu, tapal batasnya belum jelas. Begitupun halnya dengan calon desa Auma dan Kotaraya Barat.
Salmin mengingatkan, batas terakhir untuk melengkapi berkas persyaratan yakni tanggal 25 Maret mendatang.
Salmin mengungkapkan rasa optimismenya bahwa semua calon desa itu bisa jadi devinitif. Terkecuali, kecuali ada dua desa yang sulit untuk dibentuk, karena wilayah desa induknya yang mau dimekarkan. Kantor desa di desa induk itu masuk wilayah yang akan dimekarkan. Calon tersebut yaitu Desa Ampibabo Timur, Kecamatan Ampibabo dan Siavu, Kecamatan Tinombo. “Ini yang susah,” tandasnya.
Selain calon desa, Pansus III juga telah selesai meninjau dua wilayah calon Kecamatan, yakni Kecamatan Ongka Malino dan Kecamatan Bolano. (wan)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar